Sejarah

Sejarah

Direktorat Perencanaan dan Pengembangan (Ditrenbang) IPB pada awalnya bernama Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem  Informasi (BAPSI) yang dipimpin oleh Prof.Dr.Ir. Kurnia Sofyan sejak tahun 1995.
Berdasarkan Ketetapan Majelis Wali Amanat IPB Nomor  16/MWA-IPB/2003 tanggal  05 Agustus 2003 Tentang Pengesahan Struktur Organisasi Institut Pertanian Bogor maka BAPSI berubah menjadi Kantor Perencanaan dan Evaluasi (KPE) yang dipimpin oleh Dr. Ir. Hendrayanto, M.Agr. 
Ketetapan Majelis Wali Amanat IPB Nomor 77/MWA-IPB/2008 tanggal 1 Februari 2008,  menyatakan bahwa kegiatan operasional Rektor dan Wakil Rektor dibantu oleh unit administrasi berbentuk Kantor dan Direktorat, diantaranya Direktorat yang berada di bawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Sumberdaya dan Pengembangan adalah Direktorat Perencanaan dan Pengembangan, saat itu dipimpin oleh Dr. D. Iwan Riswandi, SE, M.Si yang dibantu oleh dua orang kepala subdirektorat yaitu Ir. Suparman, M.M dan Ir. Heri Purwanto, M.Pd dan seorang Pengelola Keuangan Unit/Bendahara yaitu Enung Nurhayati.
Pada tanggal 19 September 2013 Rektor IPB, Prof.Dr.Ir. H. Herry Suhardiyanto, M.Sc melantik Ir. Suparman, M.M dan Ir. Heri Purwanto, M.Pd sebagai Kasubdit Monitoring, Evaluasi & Pengembangan, dan Kasubdit Perencanaan & Pengembangan Program. Pada Tanggal 24 Oktober 2013 Rektor IPB melantik Rasyid, S.Mn sebagai Kepala Tata Usaha Direktorat Perencanaan dan Pengembangan dan berakhir pada 14 Desember 2016. Struktur organisasi Ditrenbang IPB pada saat ini terdiri dari dua Sub Direktorat dengan 6 orang staf yaitu Sumarna Djajadiredja, H. Untung Mulyatno, SE, Ahmad Suganda, Devi Aryani, Eko Wahyudi, A.Ma, serta Kartinah.
Pada tanggal 22 April 2014 Rektor Institut Pertanian Bogor melantik Dr.Ir. Hari Wijayanto, M.Sc. sebagai Direktur Perencanaan dan Pengembangan Institut Pertanian Bogor – Surat Keputusan Rektor IPB Nomor 140/IT3/KP/2014 tertanggal 21 April 2014